30/03/14

THE ROLLIES (LEGENDARIS JAZZ ROCK TANAH AIR)


          The Rollies dibentuk oleh Deddy Sutansyah atau Deddy Stanzah pada tahun 1967 di Bandung. Saat itu Deddy Stanzah mengajak Iwan Iskandar (drumer), Tengku Zulian Iskandar Madian(gitaris), serta Delly Rollies (keyboard) untuk membentuk The Rollies.

          Nama The Rollies dipakai karena rambut Deddy Stanzah dan beberapa personilnya bentuknya keriting (roll). Awalnya mereka sering membawakan lagu – lagu The Rolling Stones, Beatles, Bee Gees. Namun saat Gito Rollies (Bangun Sugito) bergabung, The Rollies justru sering membawakan lagu – lagu milik James Brown.

Benny Likumahua (pemain trombone) ikut bergabung diakhir era 60-an. Ia banyak menguasai alat musik seperti saxophone, flute, trombone, bass gitar, serta drum. Benny Likumahua yang juga seorang musisi jazz semakin memperkaya nuansa bermusik grup The Rollies dengan menambah unsur alat musik tiup didalamnya.

Formasi The Rollies bertambah lagi dengan hadirnya Didiet Maruto (trumpet) dan Raden Bonny Nurdaya (gitaris) menggantikan Iwan Iskandar yang beralih dari posisi lead gitar ke peniup saxophone. Mereka lebih memilih membawakan jenis musik pop, soul, dan funk.

Walaupun The Rollies sudah menghasilkan beberapa album rekaman dipasaran, namun penjualannya tidak sehebat grup musik pop tanah air seperti Panbers, The Mercys, atau pun Koes Plues, namun The Rollies diakui hebat dan mampu menunjukkan permainan mereka yang luar biasa saat dipanggung.

Ketika grup musik Bee Gees menggelar konsernya di Jakarta pada April 1972 dan Shocking Blue tampil pada Juli 1072 di Jakarta, maka The Rollies - lah yang menjadi band pembukanya.

The Rollies sempat mengalami masa suram saat beberapa personilnya terlibat pemakaian narkoba. Akhirnya Deddy Stanzah memilih keluar disusul meninggalnya salah seorang personil yakni Iwan Krisnawan.

Sebagai formasi baru saat itu, maka Oetje F. Tekol (bass) dan Jimmie Manoppo (drum) ikut bergabung. Justru dengan formasi yang baru inilah pamor The Rollies makin menanjak, terbukti dengan banyaknya hits yang mampu mereka ciptakan.

Beberapa lagu hits The Rollies yang sempat meledak dipasaran, seperti: Kemarau, Bimbi, Kau Yang Kusayang, Hari – Hari, Dansa Yok Dansa.

Lagu berjudul Kemarau di tahun 1979 mendapat penghargaan Kalpataru dari Pemerintah RI melalui Kementrian Lingkungan Hidup saat itu, karena lagu tersebut dianggap ikut menyuarakan tentang lingkungan hidup.

Tahun 1977, dua orang personil The Rollies keluar dari grup ini antara lain Benny Likumahua yang digantikan oleh Wawan Tagalos, kemudian Tengku Zulfian Iskandar Madian dan penggantinya adalah Pomo.

          Tahun 1997 The Rollies berganti nama menjadi New Rollies.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar