23/09/14

NIDJI - GROUP POP ROCK ALTERNATIVE INDONESIA


          Kata Nidji dalam Bahasa Jepang berarti pelangi. Kata tersebut dimaknai oleh personil Nidji sebagai warna - warni yang dimiliki pelangi mewakili perbedaan jenis dan karakter bermusik dari setiap personil Nidji, namun mampu menyatu menjadi suatu harmonisasi yang terdapat dalam lagu - lagu Nidji.

Band Nidji dibentuk pada tahun 2002 di Jakarta. Awalnya dua sahabat antara Rama (gitar) dan Andro (bas) sepakat membentuk sebuah band dengan warna pop rock alternative. Mereka sempat mencipta sebuah lagu berjudul “Maria”. Untuk mencari vokalis dengan warna yang cocok dari lagu tersebut, maka Giring diajak bergabung sebagai vokal, menyusul kemudian Adri (drum) juga Ariel (gitar), serta terakhir Randy (keyboard).

Lagu - lagu ciptaan Nidji banyak dipengaruhi oleh musik dan lagu milik Keane, U2, Coldplay, Radiohead, Smashing Pumpkins, The Verve, The Killers, dan beberapa band lain. Nuansa british pop, funk, progresive, dan punk ikut mewarnai musik Nidji.

Tahun 2006 dirilislah album pertama Nidji berjudul “Breakthru” yang sukses dipasaran. Setahun kemudian album versi Bahasa Inggris dari Breakthru diluncurkan.

Masih ditahun 2007, Nidji kembali mengeluarkan album kedua berjudul “Top Up”.

Ditahun 2008, Nidji merilis single berjudul “Laskar Pelangi” yang kemudian menjadi soundtrack dalam film layar lebar Laskar Pelangi.

Menyusul album berjudul “Lets Play” milik Nidji beredar tahun 2009.

Jelang bulan Ramadhan tahun 2010, Nidji luncurkan single religius berjudul "Tuhan Maha Cinta". Lagu ini menjadi soundtrack film Sang Pencerah.

Nidji kembali mengeluarkan album ganda yang masing - masing dirilis tahun 2011 berjudul “Liberety” dan tahun 2012 berjudul “Victory” namun dalam versi Bahasa Inggris.

Album Victory tersebut diproduseri oleh Steve James yang juga pernah memproduseri album milik Sex Pistol (band punk legendaris asal Inggris). Lagu “Liberty And Victory” dalam album Victory ini lalu menjadi theme song bagi tim sepak bola Manchester United.

Bersama Musica Studio pada tahun 2013 Nidji mengeluarkan album mini dalam bentuk unduhan melalui situs iTunes. Album yang hanya berisikan 3 lagu ini merupakan album soundtrack untuk film drama Indonesia berjudul 5CM.

          Kembali ditahun 2014 Nidji luncurkan single soundtrack dengan judul “Secepat Kilat” buat film layar lebar tanah air yang berjudul Street Society.

Masih ditahun 2014 Nidji juga luncurkan album yang berisikan lagu - lagu soundtrack yang pernah diedarkan. Album ini berjudul “King Of Soundtrack” dan hanya dapat diperoleh melalui premium download di situs iTune.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar