20/05/14

PROFIL / BIOGRAFI THE SIGIT



          THE SIGIT adalah singkatan dari “The Super Insurgent Group of Intemperance Talent”, dan merupakan band indie beraliran garage rock. Nama THE SIGIT secara resmi mereka pakai sejak tahun 2002.

          Terbentuk di Bandung pada tahun 1997 saat para personilnya masih duduk di bangku SMU. Mereka terdiri dari Rektiviaton Yoewono / Rekti (vokal / gitar), Farri Icksan Wibisana / Farri (gitar / vokal), Aditya Bagja Mulyana / Adit (bas / vokal), dan Donar Armando Ekana / Acil (drum).

Awalnya mereka sering membawa lagu – lagu milik musisi luar, seperti : The Clash, Led Zeppelin, dan The Stooges. Namun akhirnya THE SIGIT menemukan ciri khas warna musik mereka untuk membuat lagu ciptaan sendiri, dan sering membawakannya disetiap kesempatan manggung.

Malang melintang di berbagai event musik lokal termasuk tampil dalam berbagai acara musik kampus di Bandung, membuat skill mereka makin tajam.  Lagu – lagu THE SIGIT mulai dikenal melalui dunia maya hingga akhirnya mendapat tawaran rekaman dari salah satu label di Australia dan mereka pun berangkat kesana.

Tahun 2004, mereka mengeluarkan album mini yang juga berjudul “THE SIGIT” dan ditangani Spills Record, dan ternyata disambut baik oleh penggemarnya. Fans fanatik mereka ditanah air diberi nama “Insurgent Army”.

Desember 2006, The SIGIT akhirnya mendapat tawaran rekaman dari label rekaman FFWD untuk menggarap full album mereka yang berjudul “Visible Idea of Perfection”.

Menurut Acil (drumer The Sigit) bahwa lagu – lagu mereka lebih banyak menggunakan bahasa Inggris karena, memang mereka senang memakai bahasa tersebut yang katanya lebih memiliki makna yang mendalam.

Kemudian pada bulan Juni 2007, album Visible Idea of Perfection tersebut mendapat tawaran rekaman dari Label Caverman asal Australia. Kesempatan ini pun langsung disambut oleh anak – anak THE SIGIT untuk unjuk kebolehan di dunia Interasional. Selama di Australia mereka melakukan tour di sembilan kota dan mengadakan 16 kali pertunjukan yang membuat lagu – lagu THE SIGIT disambut antusias oleh penikmat musik negara Kanguru tersebut.

Tahun 2009, THE SIGIT mendapat undangan untuk manggung dalam festival musik bergengsi South by Southwest (SXSW) di Texas – Amerika. Selain tampil di Texas, mereka juga manggung di San Francisco, California – Amerika, dan di Thee Parkside Los Angeles – Amerika yang diikuti beberapa band punk, garage, psychedelic rock setempat.

THE SIGIT kembali membuat album mini pada tahun 2009 yang berjudul Hertz Dyslexia – Part 1, yang berisikan lagu – lagu lawas mereka. Kemudian tahun 2011 album mini Hertz Dyslexia – Part 2 diluncurkan.

Di tahun 2013, THE SIGIT merilis lagi album berjudul “Detourn” yang berisikan 11 lagu, dan ditangani oleh Label FFWD.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar