05/05/14

PROFIL DAN BIOGRAFI ADRIAN ADIOETOMO



          Adrian Adioetomo lahir di Balikpapan – Kalimantan Timur namun besarnya di Jakarta. Orang tua Adrian, keduanya berasal dari Solo – Jawa Tengah.

          Adrian Adioetomo adalah seorang penyanyi dan musisi Delta Blues tanah air.

Ketika Adrian Adioetomo masih sekolah pada salah satu SMU di Jakarta tahun 1989, ia ikut ibunya ke Canberra – Australia, karena waktu itu Sang Ibu mengambil pendidikan program S3 di Australian National University.

Ibu Adrian Adioetomo merupakan salah satu Guru Besar Ekonomi di Universitas Indonesia - Jakarta. Namanya adalah Prof. Sri Moertinngsih Adioetomo, SE, MA, Phd.

Di Canberra, Adrian Adioetomo meneruskan pendidikannya di SMU disekolah yang namanya Narrabundah College. Tamat SMU, ia lanjut lagi kuliah dengan mengambil jurusan Disain Grafis di University Of Western Sydney di Nepean, yang akhirnya Adrian Adioetomo berhasil meraih gelar Sarjana Disain Grafis disana.

Selama dibangku kuliah, Adrian Adioetomo sering ikut nge-band di kampus bersama teman – temannya. Ia lebih banyak memperdalam kemampuannya bermain gitar secara otodidak. Menurutnya, ia tidak pernah belajar musik secara akademik.

Pengaruh lingkungan tempat tinggalnyalah saat masih di Canberra, sehingga membuat Adrian Adioetomo lebih memilih bermain musik blues.

Ditahun 1997, Adrian Adioetomo balik ke Indonesia. Mulai saat itulah ia sering tampil dibeberapa cafe di Jakarta.

Adrian Adioetomo sudah pernah tampil pada beberapa pertunjukan internasional di Jakarta, diantarnaya: Java Jazz dan Jakarta Blue Fest.

          Album pertama Adrian Adioetomo yang berjudul Delta Indonesia”, diluncurkan pada tahun 2007

Kemudian pada tahun 2013, Adrian Adioetomo mengeluarkan album kedua yang diberi judulKarat Dan Arang”. Album ini terdiri dari 2 CD, yaitu: CD 1 berjudul Karat, dan CD 2 berjudul Arang





Sumber:  Wawancara Dari Website Kedutaan Besar 
                 Australia – Indonesia (Agustus 2010).










Tidak ada komentar:

Posting Komentar