07/06/14

ELFA SECIORIA KOMPOSER TANAH AIR



Elfa Secioria Hasbullah atau akrab dikenal dengan Elfa Secioria, sudah mengenal dan belajar main piano diusianya yang masih liama tahun kala itu.

Ayahnya memang seorang musisi jazz dan konduktor yang berprofesi sebagai polisi militer.

Lahir dari keluarga berdarah Sunda, tanggal 20 Februari 1959 di Garut – Jawa Barat. Elfa Secioria dikenal sebagai seorang komposer sekaligus pencipta lagu Indonesia. Ia memiliki seorang istri yang namanya Vera Sylviana Yachy, dan mereka dikaruniai tiga orang anak, masing – masing: Hariza Ivan Camille, Raisa Iva Cavel dan Cesyl Athaya Fawziya.

Ketika berusia 8 tahun, Elfa Secioria sudah bergabung sebagai pemain piano disebuah grup yang namanya Trio Jazz Yunior Ivade. Diusia 11 tahun ia pernah tampil bermain musik didepan publik sambil matanya ditutup. Waktu usia 19 tahun, Elfa Secioria sudah mampu meraih delapan Grand Champion Festival padauan suara yang diadakan diluar negeri.

Ia juga banyak menimba pengalaman mengenai teori musik, membuat komposisi musik, dan belajar berbagai karakter musik melalui Kapten Anumerta F.A. Warsono, pimpinan Orkes Simfoni Angkatan Darat Bandung.

Pada tahun 1970 – 1974, Elfa Secioria belajar piano untuk Privat 1 dan 2 di Bandung. Kemudian tahun 1971 - 1978 ia mulai menekuni aransemen orkestra di Bandung.

Salah satu pengalaman bermusik jangka panjang yang dijalani Elfa Secioria, adalah saat dipercayakan oleh TVRI selama 14 tahun menjadi arranger pada acara Orkes Telerama dan Candra Kirana.

Pengalaman lainnya adalah sebagai konduktor Orkes Simfoni Yamaha, pada event bergengsi World Popular Song Festival tahun 1982 di Budokan, Tokyo – Jerpang.

Kepiawaian Elfas Secioria juga dibuktikan saat ia berhasil menyelesaikan sebanyak 17 aransemen lagu hanya dalam jangka waktu 7 jam saja dalam sebuah pesawat tahun 1983.

Beberapa penghargaan lain yang pernah diraih oleh Elfa Secioria, antara lain:

- Pengaransir Terbaik pada ASEAN Song Festival di Bangkok tahun 1982,
- The Best Arranger And The Best Song dari lagu yang dibawakan Christine Panjaitan pada ASEAN Song Festival di Manila tahun 1984.
- The Best Performer pada lagu Kugapai Hari Esok yang dibawakan Harvey Malaiholo pada Golden Kite Festival di Malaysia tahun 1984.

Grup musik Elfa’s Singer adalah hasil bentukannya dan sukses dengan 7 album yang berhasil dirilis.

Segudang nama musisi papan atas Indonesia dilahirkan oleh hasil bimbingan Elfa’s Secioria, sebut saja seperti: Andien, Yana Yulio, Sherina, Yovie (Yovie And Nuno), Hedi Yunus, Rita Effendi, Lita Zein, Agus Wisman, dan masih banyak.

Sebuah sekolah musik yang didirikannya diberi nama Elfa Music School.

Elfa Secioria wafat pada tanggal 8 Januari 2011, di Rumah Sakit Pertamina Jaya, Cempaka Putih - Jakarta.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar