16/06/14

ANDI RIANTO (KOMPOSER INDONESIA)


          Andi Rianto adalah seorang komposer Indonesia, arranger, dan pendiri Magenta Orchestra. Ia mulai terobsesi ingin menjadi seorang ilustrasi musik film saat seorang guru pianonya memperkenalkan padanya musik – musik ilustrasi karya John Williams.

Beberapa garapan John Williams untuk ilustrasi musik film Amerika dapat kita dengar melalui film Stars Wars, ET, Superman, dan banyak lagi.

          Andi Rianto telah mengenal dan belajar piano sejak usianya masih 4 tahun. Bahkan diusia 5 tahun, ia sudah dipercayakan untuk mengiringi teman – teman sebayanya nyanyi di TVRI yang diasuh oleh Kak Seto dan Henny Poerwonegoro kala itu.

Andi Rianto pernah belajar piano pada Baarjte Sitindjak ketika usianya masih 8 tahun. Ia juga ikut belajar di Yamaha Music Foundation pimpinan Watanabe.

Saat masih duduk di bangku SMA, ia hijrah ke New York – Amerika dan lanjut di Forest Hills School. Setelah lulus dari sekolah setingkat SMA tersebut, Andi Rianto langsung mendaftar dan memperdalam bakat musiknya ke Barklee Music di Boston – Amerika, serta mengambil jurusan Film Scoring (Ilustrasi Musik Film).

Selama kuliah di Barkelee Music, Andi Rianto sering bertemu dengan sang idolanya yaitu John Williams yang banyak memberinya pengetahuan tentang Ilustrasi Musik Film.

Andi Rianto balik ke Jakarta dia awal tahun 1998, selang beberapa lama kemudian ia ditawari oleh Titi DJ untuk menggarap musik dari “Album Bahasa Kalbu” dibawah Label Aquarius. Ternyata album ini meledak dipasaran bahkan meraih 5 penghargaan pada ajang AMI Award tahun 1999. Sejak saat itu Andi Rianto dipercayakan oleh Label Aquarius untuk menggarap musik beberapa penyanyi papan atas Indonesia, seperti: Krisdayanti, Ruth Sahanaya, Audy, Ari Lasso, Padi, Warna, serta beberapa penyanyi lainnya untuk label musik yang berbeda.

Beberapa label musik yang pernah kerjasama dengan Andi Rianto, diantaranya Aquarius, Warner, Sony Music, dan sejumlah label lainnya.

Tahun 1999 Andi Rianto berkenalan dengan Wiki dari Multivision, lalu ia ditawari untuk menggarap ilustrasi musik dari sinetron “Paji Manusia Milenium”. Dari pengalaman ini ia kembali dipercayakan menangani ilustrasi musik berbagai sinetron lain, seperti, Doa Membawa Berkah, Kemuning, juga beberapa sinetron lainnya.

Setelah sukses mengerjakan ilustrasi musik pada berbagai judul sinetron, akhirnya Andi Rianto mendapat peluang yang pertama kalinya menggarap ilustrasi musik film layar lebar tanah air. Kesempatan itu datang dari Nia Dinata yang menawarkan Andi Rianto menangani ilustrasi musik film berjudul Ca Bau Kan (CBK).

Selanjutnya Andi Rianto terus menggarap ilustrasi musik beberapa judul film layar lebar, seperti: film Arisan, Mengejar Matahari, Andai Ia Tahu, 30 Hari Mencari Cinta, Titik Hitam, Vina Bilang Cinta, Jatuh Cinta Lagi, Mendadak Dangdut, Pocong, Kuntilanak, Biarkan Bintang Menari, dan beberapa film layar lebar.

Andi Rianto pernah dua kali menjadi nominator Penata Musik Terbaik dalam ajang Festival Film Indonesia (FFI), masing – masing untuk film Mendadak Dangdut (tahun 2006), dan Mengejar Mas – Mas (tahun 2007).

Suatu saat Andi Rianto mendapat tawaran dari Indra Bakrie ( pengusaha dan salah seorang pendiri Twilite Orchestra) untuk membentuk Magenta Orchestra. Tujuannya untuk lebih memperkenalkan musik orchestra dalam berbagai warna dan genre musik yaitu memadukan antara orchestra dengan pop, orchestra dengan jazz, bahkan orchestra dengan dangdut, sehingga musik orchestra mudah diterima oleh masyarakat Indonesia.

          Pada Tanggal 18 Mei 2004, Magenta Orchestra diresmikan bahkan dimeriahkan oleh sejumlah artis terkenal, seperti: Glenn, Marcel, Bebi Romeo, Ruth Sahanaya, Sheila Madjid, dan Krisdayanti.















Tidak ada komentar:

Posting Komentar