11/08/14

SOULJAH (BAND JAMAICAN MUSIC TANAH AIR)



          Awal dibentuknya band ini dengan menggunakan nama ARIGATOO mereka mencoba membawakan lagu – lagu orang lain yang beraliran pop, jazz, rock, juga lagu reggae milik Bob Marley, Save Ferris, dan Reel Big Fish. Namun dalam perjalanan bermusik, anak – anak ARIGATOO lebih memilih membawakan lagu – lagu irama Ska, Reggae, dan Rock Steady saat manggung, alasannya karena jiwa mereka lebih cocok membawakan irama tersebut.

          ARIGATOO band dibentuk tanggal 4 April 1998 oleh sekelompok anak – anak FISIP – UI dengan formasi Danar (vokal), Ari (gitar), Bayu (gitar), Renhat (bas), Dimas (drum), Shanty (trompet), Ocha (trompet). 

Masih ditahun 1998, ARIGATOO kemudian mencoba merekam dan merilis sebuah single berjudul “Indehoy Di Teluk Bayur”. Tak disangka ternyata single tersebut meledak dikalangan pencinta musik underground tanah air.

Tahun 1999 Shanty (terompet) keluar dari formasi kemudian direkrutlah David (terompet) dan Vino (saxophone) sehingga personil ARIGATOO seluruhnya berjumlah delapan orang, yaitu: Danar (vokal), Ari (gitar), Bayu (gitar), Renhat (bas), Dimas (drum), David (trompet), Ocha (trompet), dan Vino (saxophone). 

Pada tahun yang sama Sony Music merilis album kompilasi berjudul Skamania, dimana ARIGATOO yang diajak untuk ikut mengisi album tersebut menampilkan single-nya dengan judul “Petualangan VW Combi”. Lagu ini kurang dikenal dipasaran musik tanah air, dan hanya diterima oleh komunitas musik underground saja.

Tahun 2000 Renhat (bas) mengundurkan diri untuk melanjutkan pendidikan tinggi ilmu komunikasi di Hawaii – Amerika. Sementara Ari (gitar) ikut keluar karena memutuskan untuk bekerja dibidang lain. Tak lama kemudian Dimas (drum) dan juga Ocha (terompet) menyusul keluar dari ARIGATOO. Namun sekembalinya Renhat (bas) dari Hawaii ia langsung bergabung kembali bersama ARIGATOO, serta tak lama kemudian Dimas (drum) juga ikut bergabung lagi.

Label Authority Record, sebuah perusahaan rekaman asal Jepang pada tahun 2003 mengeluarkan album kompilasi berjudul Asian Ska Foundation, yang didalamnya berisi lagu – lagu dari beberapa band Ska se-Asia diantaranya terdapat lagu milik ARIGATOO.

Pada tahun tersebut akhirnya ARIGATOO mengeluarkan album pertama mereka berjudul “Kami Bukan Perawan Lagi”. Album ini ditangani oleh label mereka sendiri yang diberi nama Senyum Tante Record namun kemudian beganti nama menjadi Off Beat Music. Dalam album pertama ini personil baru Said (toasting) ikut bergabung, namun Vino (saxophone) malah hengkang.

Setelah sekian lama band ini menggunakan nama ARIGATOO, akhirnya pada tahun 2005 mereka sepakat merubah nama grup band ini menjadi SOULJAH (istilah slang Jamaican yang berarti Souldier), karena beranggap bahwa mereka berjuang untuk karya – karya mereka sendiri sebagai band musik indie bergenre Jamaican Music.

SOULJAH kemudian mengeluarkan album pertama mereka pada tahun 2005 yang diberi judul “Breaking The Roots”, dan masih dibawah label Off Beat Music. Di album ini personil SOULJAH yang tersisa adalah: Danar (vokal), Bayu (gitar), Renhat (bas), Dimas (drum), David (trompet/Keyboard), dan Said (toasting). 

Album kedua SOULJAH berjudul “Bersamamu” dirilis tahun 2007 yang kembali bergabungnya Vino (saxophone) namun Dimas (drum) memilih mundur dari grup band. SOULJAH kemudian merekrut dua orang additional player untuk ikut membantu penggarapan album ini, yaitu: Edot (trombone) dan Hanli (drum).

SOULJAH lalu meluncurkan album trilogy pada tahun 2009 yang terdiri dari: Breaking The Root berwarna merah, Bersamamu berwarna kuning, dan Mestakung (Semesta Mendukung) berwarna hijau. Label yang menangani album ini adalah Amazing Entertainment yang merupakan label mereka sendiri setelah kembali berganti nama dari sebelumnya adalah Offbeat Music.

          Influence lagu – lagu ciptaan ARIGATOO atau SOULJAH terinspirasi dari berbagai band ska, reggae, dan rock steady, seperti: Skatalites, The Wailers, No Dubt, Long Beach Dub Allstars, dan dan berbagai grup band lain.

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar