23/08/14

THE AUTHENTICS (BAND SKA REVIVAL ASAL JAKARTA)



          Dawny eks personil Jun Fan Gung Foo bersama Arnold seorang basis yang juga punya pengalaman bermusik dan manggung dimana – mana, sepakat membentuk sebuah band dengan genre ska revival di tahun 2005. Ska Revival tersebut merupakan musik ska era 60-an yang populer dijamannya grup band Skatalites asal Jamaica.

          Terbentuklah sebuah band ska dengan nama The Authentics yang masing – masing personilnya terdiri dari: Dawny (vokal), Arnold (bas), Dani (gitaris influence blues eks grup Straight Out), Zenis (saxophonist jazz), Zendi (saxophone dengan influence jazz and soul – eks Jun Fan Gung Foo), Wally (drummer jazz dan reggae eks Jun Fan Gung Foo), Ceky (keyboard eks grup 7 Deadly Sins).

Penggunaan nama The Authentics sendiri muncul disela – sela latihan saat band ini mulai dibentuk. Nama tersebut dimaknai sebagai musik yang mereka bawakan memang otentik (sama persis dengan jaman era 60-an), dan menonjolkan ciri khas bermain musik yang otentik (karakter asli) dari tiap personil band ini, namun mampu menyatu dalam tiap lagu ciptaan mereka.

Saat itu anak – anak The Authentics mulai membawakan lagu – lagu milik orang, seperti: The Skatalites, The Slackers, Hepcat, serta lagu – lagu ska klasik lainnya.

Dalam perjalann musiknya, The Authentics mengalami gonti – ganti personil, dimana pada tahun 2007 Zenis (saxophone) dan Wally (drummer) mengundurkan diri karena masing –masing sibuk dengan dunia kerja diluar band. Direkutlah untuk sementara additional player yakni Fajar (drummer Alexa / Step Forward). Saat Fajar memilih mundur karena lebih fokus dengan band-nya saat sebelum bersama The Authentics, maka masuklah Diaz (drummer Maddening Pace).

Tahun 2010 akhirnya The Authentics merilis album pertama mereka berjudul “Pencuri Hati”. Roots dialbum ini memang sangat kental dengan ska, blues, swing, dan soul, namun sangat easy listening dengan beat dance, sehingga yang ikut mendengarkan akan larut dengan hentakan kaki.

          Tanggal 17 Desember 2010, anak - anak The Authentics diselimuti suasana duka yang mendalam atas berpulangnya sang basis mereka yaitu Dani (Rachmadian Ramdani). Almarhum meninggal akibat mengalami kecelakaan lalu lintas saat mengendarai motor pada 13 Desember 2010, sekitar pukul 24:00.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar